Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jasa Kontraktor Rumah Terpercaya di Jabodetabek

Butuh Jasa Kontraktor Rumah Terpercaya di Jabodetabek?

6 Tips Menata Dapur Sempit Lebih Efektif


6 Tips Menata Dapur Sempit Lebih Efektif | Dapur yang berukuran relatif kecil bukan suatu masalah. Dapur bisa menjadi efektif bila penggunanya mengetahui cara menyiasati ruang dapur sempit agar terkesan lega. Pada ungkapan ”ukuran adalah segalanya” tidak bisa diterapkan di dalam dapur. Anda tidak perlu membutuhkan ruangan yang besar untuk membuat dapur berfungsi dengan baik dan nyaman. Jika Anda masih ragu, ada beberapa cara mudah membuat dapur mungil jauh lebih nyaman dan fungsional. Butuh Jasa Kontraktor Rumah Terpercaya di Jabodetabek?

Sebelum Anda mulai membuat dapur mungil lebih efektif, yakinlah terlebih dahulu bahwa bagaimana pun bentuk, ukuran dapur maupun peralatan dapur, semua itu tetap baik. Seorang chef terkenal Mario Batali pernah berkata, “Hanya yang tidak dapat memasak yang akan menyalahkan peralatan memasak. Saya dapat membuat semua masakan di restoran saya dengan pemanggang listrik tidak bagus dan oven biasa.” Berikut cara mensiasati ruang dapur yang sempit.

1. Temukan tempat untuk semua barang Anda di dapur. Kerapian adalah hal pertama dan terpenting dalam membuat ruang yang berukuran terbatas menjadi efisien.

2. Bukalah pikiran Anda dan berilah kesempatan agar pakem yang selama ini Anda gunakan untuk menata dapur dapat diubah. Misalnya dengan melepas pintu lemari dapur dan membiarkan isi lemari bisa terlihat dengan mudah. Jika tidak mau membiarkan lemari dapur terbuka, Anda dapat menggunakan pintu kaca.

3. Ciptakan kohesi untuk memberikan ilusi ruang yang lebih luas. Tumpukan barang seperti piring membuat dapur tampak penuh. Solusinya, berikan warna cat dinding dengan warna putih dan gunakan piring dengan warna putih pula. Piring yang menumpuk akan tampak menghilang dan membuat dapur Anda terasa lebih rapi dan luas.

4. Sesuaikan ukuran serta jumlah peralatan memasak atau peralatan makan-minum dengan luas dapur. Jika Anda hidup sendiri, tidak perlu menggunakan penanak nasi (rice cooker) yang berukuran besar. Anda pun juga belum tentu membutuhkan dua lusin piring dan gelas berukuran besar.

5. Buatlah dapur terang. Usahakan dapur memiliki akses ke sinar matahari, serta berikan juga pencahayaan artifisial. Ruang dapur yang gelap akan lebih lembab. Terlebih lagi, jika dapur sama sekali tidak mempunyai akses ke sinar matahari alami. Pastikan juga permukaan meja dapur (countertop ) juga tidak gelap. Anda dapat memberikan lampu pada bagian bawah lemari dapur. Cara ini bisa membuat kegiatan masak-memasak lebih mudah.

6. Gunakan furnitur multi guna seperti menempatkan meja kecil di dapur. Hal ini merupakan ide yang baik untuk dapur berukuran mungil. Gunakan meja sebagai island atau permukaan tambahan memasak dan juga gunakan untuk menyantap makanan. Tentu akan lebih fungsional dan hemat tempat.

Bagaimana dengan cara menata ruang dapur sempit diatas? Alternatif bagi yang memiliki ruang dapur terbatas bisa juga memilih menggunakan desain dapur minimalis. Semoga membantu. Butuh Jasa Kontraktor Rumah Terpercaya di Jabodetabek?

Posting Komentar untuk "Jasa Kontraktor Rumah Terpercaya di Jabodetabek"